Topologi Tree pada Jaringan Komputer

Topologi Tree merupakan salah satu topologi yang paling banyak diterapkan dalam jaringan komputer.dengan bentuk geometris menyerupai pohon (tree).Mengapa disebut sebagai topologi yang menyerupai pohon ?Berikut penjelasannya ^ ^

Pada topologi Tree terdapat sebuah komputer (atau perangkat jaringan lainnya berupa hub atau switch) pada level teratas (yang disebut root) yang menjadi pusat utama komunikasi bagi semua komputer lain yang terhubung dengannya.Koneksi ini menggunakan Topologi Peer To Peer (P2P).Kemudian topologi di bawahnya terdapat satu atau lebih komputer (yang disebut central) yang menjadi pusat bagi sejumlah komputer yang berada di bawahnya yang membentuk topologi seperti Topologi Star.Central ini menjadi penghubug antara root dengan semua komputer lainnya yang ada di bawah central.

Kita dapat katakan bahwa Topologi Tree merupakan perpaduan (Hybrid/Hibrida) dari kedua topologi yang telah dijelaskan sebelumnya,yaitu Topologi Peer To Peer dan Topologi Star.Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar ilustrasi jaringan Topologi Tree di bawah ini :



Penjelasan :

Berdasarkan gambar di atas,terlihat bahwa koneksi dari komputer 1(root) yang paling atas terhubung dengan komputer 2,3,dan 4 di bawahnya yang disebut central.Disini topologi nya menggunakan Topologi Peer To Peer.Kemudian untuk level selanjutnya,terlihat di bawah setiap komputer central terdapat banyak komputer yang terhubung.Disini Topologi Star diterapkan.Sebagai contoh,komputer 2 (central) dengan  komputer 5,6,7 menggunakan Topologi Star.

Apabila kita mengimplementasikan Topologi Tree pada jaringan komputer,ia memiliki beberapa kelebihan yaitu :
  1. Topologi Tree memenuhi salah satu sifat dan syarat pada jaringan komputer ,yaitu Scalable.Ini berarti kita dapat menyesuaikan jaringan komputer kita sesuai dengan keperluan dan kondisi dengan memanfaatkan Topologi Tree ini.Misalkan pada ruangan bertingkat atau skala yang lebih besar dan kompleks.
  2. Topologi Tree sangat banyak diterapkan pada beragam tempat,karena bersifat Scalable dan lebih andal.Selain itu sesuai poin 1 di atas, maka Topologi Tree ini mendukung jaringan skala besar hingga skala kecil.
  3. Topologi Tree mudah dikembangkan sesuai kebutuhan dan mudah diperbaiki jika terdapat masalah maupun kesalahan.
  4. Topologi tree merupakan perbaikan dari Topologi Star,dimana kita dapat dengan mudah menambahkan komputer,central dan root sesuai dengan kebutuhan kita.
  5. Topologi Tree mendukung koneksi Point to Point pada jaringan komputer.
  6. Pada Topologi Tree jika terjadi gangguan pada salah satu komputer,maka komputer lainnya masih bisa berjalan dengan baik di dalam jaringan komputer,asalkan tidak berada di dalam hirarki yang sama (di bagian bawah komputer yang mengalami gangguan).
Adapun kelemahan dari Topologi Tree yaitu :
  1. Pada Topologi Tree potensi untuk terjadinya Collision (tabrakan) paket data sangat besar.
  2. Topologi Tree memerlukan usaha yang sangat besar untuk melakukan perawatan dan perbaikan (maintenance) pada skala jaringan besar.
  3. Topologi Tree memerlukan perancangan yang matang untuk mengimplementasikannya,dalam hal penyediaan jumlah jaringan,lokasi setiap komputer dan lain-lain.
  4. Pada Topologi Tree apabila salah satu komputer central maupun root mengalami gangguan,maka komputer-komputer yang berada di bawahnya ikut terganggu.

Comments

Post a Comment