Mengatur Skala,Jarak dan Posisi Karakter pada Microsoft Word

Mengatur skala berarti mengatur ukuran karakter atau teks tanpa menggunakan perintah Font Size.Mengattur jarak berarti mengatur jarak spasi antar karakter.Mengatur jarak spasi sangat penting dalam pengetikan teks karena akan mempengaruhi kenyamanan dalam membaca dokumen.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Blok teks yang akan diatur jarak spasinya
  • Klik tombol dialog pada tab Home-grup Font kemudian pilih tab Advanced.


Keterangan :
  • Scale untuk mengatur ukuran karakter berdasarkan nilai skala
  • Spacing untuk mengatur jarak spasi antar karakter dengan pilihan Normal (jarak karakter normal),Expanded (jarak karakter direnggangkan),Condensed (jarak karakter dirapatkan).Pilih salah satu pilihan kemudian tentukan nilainya di kotak By.
  • Position untuk mengatur posisi teks secara vertikal.Di dalam kotak Position terdapat tiga pilihan yang berbeda,yaitu Normal (posisi teks normal),Raised (posisi teks naik ke atas),Lowered (posisi teks turun ke bawah).Pilih salah satu pilihan tersebut,dan tentukan nilainya di kotak By.
Silahkan dicoba sendiri,dengan mengklik dan mengatur ukuran karaker atau spasi,akan terlihat di Preview secara langsung.Jadi jika kita mengatur ukuran scale 80% maka dalam preview akan langsung terlihat hasil dari scale  80% tersebut sebelum diapply ke dokumen.Selamat mencoba ! ^ ^

Comments