Topologi Ring pada Jaringan Komputer

Topologi Ring merupakan salah satu topologi yang relatif sederhana pada jaringan komputer.Topologi jaringan ini hanya menghubungkan setiap komputer atau yang disebut node satu per satu,sehingga membentuk sebuah rangkaian yang menyerupai cincin.Rangkaian berbentuk ring ini merupakan satu kesatuan.Sinyal dan paket data berjalan searah melewati kesatuan rangkaian tersebut dan melewati setiap komputer yang terhubung pada rangkaian ring ini.

Konsepnya,Topologi Ring hampir sama dengan Topologi Bus,hanya saja pada Topologi Ring tidak terdapat titik henti dalam bentuk terminal baik itu terminal awal maupun terminal akhir (terminator),sehingga membentuk lingkaran (cincin) yang tidak terbatas.Untuk memudahkan pemahaman ,mari kita lihat gambar di bawah ini :



Dari gambar di atas mari kita asumsikan bahwa komputer yang di bagian tengah atas adalah komputer nomor 1 berikutnya di sebelah kanan adalah komputer 2,begitu seterusnya sampai komputer 4.Seperti yang kita lihat,sinyal dan paket data berjalan melalui rangkaian ring secara searah.Contoh dari komputer 1 menuju ke komputer 4 harus terlebih dahulu melewati komputer 2, dan komputer 3,demikian juga sebaliknya.

Topologi Ring menawarkan sejumlah kelebihan yaitu :
  1. Dengan melihat bentuk topologinya,maka dapat disimpulkan bahwa Topologi Ring relatif lebih hemat biaya untuk implementasinya.Misalkan untuk penyediaan kabel jaringan, router, switch, hub dan lain-lain
  2. Dibandingkan dengan Topologi Star,Topologi Ring relatif lebih baik.
Adapun kelemahan atau kekurangan dalam topologi ring ini,yaitu :
  1. Topologi Ring membutuhkan teknisi berkemampuan dan pemahaman terhadap jaringan komputer dan konfigurasinya dengan baik,sebab Topologi Ring memerlukan konfigurasi yang relatif lebih tinggi (sulit).
  2. Topologi Ring memerlukan konfigurasi yang relatif lebih tinggi(sulit).
  3. Sifat Scalable pada jaringan komputer tidak didukung penuh oleh Topologi Ring,dilihat dari sulitnya mengemmbangkan jaringan dengan Topologi Ring ke dalam skala jaringan yang lebih besar(luas).

Comments

Post a Comment