PEMROGRAMAN PROSEDURAL

Pada kali kita akan membahas tentang pemrograman prosedural.Selamat membaca !



Seperti yang kita ketahui,algoritma merupakan urutan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.Ini berarti langkah-langkah di dalam algoritma menyatakan proses yang prosedural.

Definisi prosedur :
  1. Tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas
  2. Metode langkah demi langkah secara tepat dalam memecahkan suatu masalah
Pada pemrograman prosedural,program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi.Bagian instruksi terdiri atas runtuna (sequence) instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh sebuah pemroses.Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya percabangan /kondisional.Data yang disimpan di dalam memori,dimanipulasi oleh instruksi secara beruntun.Anggaplah bahwa tahapan pelaksanaan program mengikuti pola beruntun atau prosedural.Paradigma pemrograman seperti inilah yang dinamakan pemrograman prosedural.

Bahasa-bahasa tingkat tinggi seperti Cobol,Basic,Pascal,Fortran, dan C mendukung kegiatan pemrograman prosedural,karena itu mereka dinamakan juga bahasa prosedural.

Selain paradigma pemrograman prosedural terdapat juga paradigma pemrograman lain.

Sekian pembahasan mengenai pemrograman prosedural.Semoga ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan ^ ^.Terima Kasih !

Comments