Stabilizer dan UPS Sebagai Hardware Tambahan (Optional)

Semua barang elektronik tentunya membutuhkan suatu tenaga listrik sebagai sumber tenaga untuk dapat bekerja secara fungsional.Nah,dalam komputer,tenaga listrik diperoleh dari sumber listrik yang kadang tidak selamanya stabil /terputus.Sedangkan komputer sendiri membutuhkan aliran listrik yang benar-benar stabil untuk dapat bekerja secara optimal.

Komputer dapat mengalami kerusakan jika aliran listrik yang masuk tidak teratur atau terputusnya listrik tanpa melalui prosedur yang benar (listrik padam secara tiba-tiba).Oleh karena itu dalam hal teknologi komputer ,sebuah komputer memerlukan perangkat tambahan listrik,yaitu Stabilizer untuk menjaga kestabilan arus listrik dan UPS yang berguna untuk menyimpan aliran listrik.



STABILIZER

Stabilizer merupakan perangkat tambahan pada komputer,yaitu sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menjaga kestabilan aliran listrik.Prinsip kerja pada perangkat ini adalah menaikkan tegangan di saat tegangan listrik turun dan menurunkan tegangan listrik apabila tegangan listrik yang masuk terlalu tinggi.Menaikkan dan menurunkan tegangan listrik bertujuan untuk menghasilkan tegangan output yang normal/stabil sesuai dengan yang komputer akan gunakan.


UPS(Uninterruptable Power Supply)

UPS merupakan perangkat tambahan yang difungsikan sebagai baterai cadangan.Fungsi UPS adalah menyimpan tenaga listrik dan menyalurkannya apabila listrik padam secara tiba-tiba.Prinsip kerja UPS adalah pada saat aliran listrik hidup normal,maka UPS akan menyimpan tenaga listrik tersebut.Dan apabila aliran listrik mati maka UPS akan menyalurkan tenaga listrik yang tersimpan itu ke komputer.

Lama / jangka waktu pemakaian tenaga yang tersimpan atau back-up time tergantung pada kapasitas baterai.Semakin besar kapasitas baterai yang digunakan ,maka semakin lama pula back-up timenya.



Kesimpulannya kedua perangkat di atas digunakan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komputer dalam hal aliran listrik.Karena 80% komputer mengalami kerusakan karena pengaruh aliran listrik. 

Sekian pembahasan mengenai perangkat tambahan (stabilizer dan UPS).Semoga ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan ^ ^. Terima Kasih ! 

Comments