Hardware Input,Proses,dan Output

Pada pembahasan kali ini,saya akan membahas tentang hardware input,proses dan output.Selamat membaca.


HARDWARE INPUT

Hardware Input merupakan segala sesuatu berupa perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer,yang untuk tahap selanjutnya akan diolah ke tahap proses.Data yang dimasukkan ke komputer ada berbagai jenis baik data tesebut berupa huruf (character), angka (number) ataupun gambar(image).Tentu disetiap perangkat ,tersedia berbagai jenis perangkat menurut fungsinya masing-masing.Misalkan ,keyboard untuk memasukkan data huruf(karakter) dan angka,scanner untuk memasukkan data berupa gambar.

KEYBOARD

Keyboard merupakan input device pada komputer dengan huruf-huruf alfabet,nomor,simbol serta tombol-tombol fungsi seperti F1,F2,spasi,delete,alt dan lain-lain.Metode koneksi pada keyboard sebagai media input komputer ada 2 macam yaitu menggunakan kabel dan wireless(tanpa kabel).Pada keyboard yang menggunakan kabel sering kita temui pada komputer standar (Personal Computer/PC).Konektor yang digunakan pada keyboard kabel ada 2 jenis yaitu,model lama yang menggunakan serial port dan model baru menggunakan PS/2 bahkan USB(Universal Serial Bus).

Untuk jenis keyboard wireless,cara pemakaiannya sama dengan keyboard biasa ,namun dari segi kepraktisan dan fleksibilitas saat memakai wireless menjadi nilai plus tersendiri bagi user.Untuk menggunakan keyboard wireless diperlukan perangkat tambahan untuk konektivitasnya,juga memerlukan power/baterai sendiri.


MOUSE

Mouse sudah tidak asing lagi bagi pengguna teknologi di zaman sekarang.Seperti yang kita ketahui,mouse merupakan alat bantu input dari keyboard yang berkerja pada tampilan yang bersifat GUI (Graphical User Interfaces).Artinya,mouse hanya bisa digunakan bila tampilan yang bersifat grafis/visual(seperti penggunaan mouse pada Windows).

Jenis-jenis mouse ada 2 macam yaitu
  • Mouse ball : merupakan mouse bentuk lama yang menggunakan bola sebagai penggerak atau sensornya.
  • Mouse optical : merupakan mouse yang memiliki sensor optik berupa cahaya merah sebagai penggeraknya.Sensor mouse ini bekerja dengan pantulan cahaya yang ditimbulkan dari alas mouse.Apabila alas mouse (mouse pad) berwarna rata,maka kursor mouse akan bergerak normal.Jika warna mousepad tidak rata(berwarna-warni) maka kursor mouse akan bergerak loncat-loncat.
Pada umumnya,penggunaan mouse dilakukan dengan 3 cara yaitu klik,shortcut dan scroll.
  • Klik : untuk memilih sesuatu (tool,menu, ataupun ikon)
  • Shortcut : untuk mengambil jalan pintas dengan memilih menu yang bisa digunakan
  • Scroll : mengatur posisi scrollbar atau halaman yang bisa naik dan turun
Untuk koneksi mouse pada komputer,terdapat 2 macam yaitu dengan kabel dan wireless.Penggunaan koneksi kabel sama seperti kabel konektor keyboard yaitu serial port/PS/2 bahkan USB.Sedangkan untuk wireless sama dengan mouse biasa tetapi untuk koneksinya diperlukan perangkat tambahan dan power sendiri.

MOUSE PEN

Perangkat input lainnya yang digunakan khusus untuk menggambar adalah mouse pen.Cara kerja mouse pen adalah layar pada monitor dianalogikan sebagai papan kotak sebagai medianya.Untuk menentukan point kursor digunakan alat seperti pulpen yang dikendalikan layaknya menulis atau menggambar pada sebuah kertas.


SCANNER

Scanner merupakan alat input komputer dengan cara kerja membaca gambar menggunakan sinar dan hasilnya dimasukkan ke dalam komputer berupa gambar.Cara kerja scanner hampir sama dengan mesin fotocopy.Perbedaannya adalah jika fotocopy hasilnya bisa langsung dilihat,sedangkan scanner hasilnya harus diproses ke dalam komputer ,kemudian dicetak.


HARDWARE PROSES (CENTRAL PROCESSING UNIT/CPU)

Komponen-komponen yang sangat berpengaruh dalam kinerja komputer ada dalam kelompok hardware proses (CPU).Pada bagian ini,dilakukan semua koordinasi pengaturan,baik input maupun output sehinggat terbentuklah sebuah sistem komputer yang baik sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Komponen-Komponen CPU :
  • Mainboard/Motherboard : berfungsi sebagai tempat memasang komponen internal sebuah komputer.
  • Prosesor : mengatur seluruh pekerjaan yang dilakukan oleh sebuah komputer.
  • Memori : media penyimpanan sementara yang terdapat pada sebuah komputer.
  • Harddisk : media penyimpanan dengan kapasitas yang sangat besar
  • VGA Card : salah satu kartu yang terdapat pada slot ekspansi yang berfungsi menampilkan output ke layar monitor.
  • Casing : alat yang berguna untuk melindungi seluruh bagian komputer yang dapat merusak perangkat,seperti debu dan air.

MOTHERBOARD

Motherboard atau papan induk merupakan media utama dari berbagai komponen CPU komputer.Motherboard merupakan papan sirkuit yang dipasangi berbagai macam komponen,seperti prosesor,memori,card dan lain-lain baik komponen internal ataupun eksternal.Untuk meletakkan berbagai kartu ekspansi pada motherboard,telah disediakan beberapa slot AGP dan PCIe.Pada slot-slot tersebut akan diletakkan beberapa komponen berbentuk kartu ekspansi ,misalnya VGA Card atau Sound Card.

MEMORY(Random Access Memory)

Memori atau RAM adalah jenis penyimpanan media komputer yang dapat diakses secara acak.Artinya,urutan memori yang disimpan dapat diakses secara acak dan tidak beraturan seperti halnya pada hard disk.RAM juga berfungsi sebagai media utama untuk menampilkan dan memanipulasi data pada saat komputer pertama kali dinyalakan,dan akan terhapus bila komputer dimatikan.

Jenis-jenis RAM secara umum ada dua yaitu SD-RAM(Synchronous Data) dan DDR(Double Data Rate).Kapasitas RAM juga bermacam-macam seiring berkembangnya teknologi.Untuk generasi pertama dimulai dari 4MB , 8MB, 16MB, 32MB,kemudian berkembang menjadi 64MB, 128MB, 256MB, 512MB, 1GB sampai dengan 2GB.Bahkan sekarang sudah ada yang 4GB.Besarnya ukuran RAM berkaitan dengan kecepatan akses komputer.Semakin besar RAM dalam suatu komputer,semakin cepat pula akses komputernya.

PROSESOR

Prosesor merupakan sebuah komponen yang terbuat dari transistor-transistor mini dan sirkuit yang lain.Di atas sirkuit ini terintegrasi semi-konduktor yang bekerja sebagai inti/otak dari komputer yaitu CPU yang merupakan istilah asli dari prosesor.Jenis-jenis prosesor yang ada pada umumnya ada 2 yaitu Intel dan AMD(Advanced Micro Devices).


HARDWARE OUTPUT

Hardware output merupakan semua perangkat komputer yang hasilnya dapat dilihat oleh indra penglihatan (monitor dan printer) dan indra pendengaran(speaker).Hasil dari hardware output merupakan hasil dari tahap processing oleh CPU atau hasil input yang didukung oleh software yang digunakan.

MONITOR

Monitor merupakan alat output dari komputer yang berperan sangat penting,karena dari monitor lah akan dapat dilihat hasil dari proses sebelumnya melalui komputer.Dari monitor kita juga dapat melihat peralatan input dan output yang kita gunakan.

PRINTER

Printer merupakan alat output dari komputer dengan hasil yang berupa tulisan atau gambar yang tercantum pada sebuah media kertas atau media pendukung lainnya.Ada 3 jenis printer yang digunakan yaitu printer dot matrix,inkjet dan laser.

Dot-Matrix  yaitu printer yang menggunakan jarum dan pita sebagai alat untuk mencetak gambar atau tulisan,layaknya mesin ketik.Kualitas printer ini ditentukan dari jumlah jarum atau pin-nya.Semakin banyak jumlah pin ,semakin bagus hasil cetakannya.

Inkjet/buble jet menggunakan tinta cair sebagai sarana untuk mencetak.Cara kerjanya yaitu dengan memanasi tinta sehingga membentuk gelembung pada ujung print head sedemikian rupa sesuai data yang akan dicetak dan langsung menempel pada media cetak(kertas).

Laser menggunakan sinar laser untuk mencetak.Pada printer jenis ini,media yang digunakan untuk mencetak tulisan ke kertas adalah drum dan tonner.Drum adalah alat yang berguna untuk menggulung kertas dengan teratur,tentunya koordinasi dari mesin sehingga bekerja dengan kertas satu per satu.Tonner adalah alat yang digunakan sebagai penyimpan toner sekaligus bekerja menyemprotkannya ke kertas.


CASING DAN POWER SUPPLY

Secara fisi,komponen-komponen yang ada pada CPU terpisah-pisah walaupun semuanya terintegrasi bersama motherboard,antara lain VGA,sound dan NIC.Ada juga yang terpisah dari motherboard antara lain harddisk dan optical drive.Komponen-komponen ini dipersatukan secara utuh dengan benda yang disebut dengan casing.Casing merupakan media untuk membungkus semua komponen PC menjadi satu bagian yang utuh,kecuali untuk perangkat luar seperti keyboard,mouse dan monitor.

Power Supply merupakan alat yang berada di dalam casing yang fungsinya mengatur alur listrik yang masuk dan membaginya ke setiap komponen(motherboard,optical drive dan hard disk).Besar tegangan yang dihasilkan power supply bermacam-macam tergantung kebutuhan masing-masing komponen.Power supply biasanya sudah terintergrasi dengan casing.

Sekian pembahasan mengenai Hardware input,proses dan output,jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.Semoga bermanfaat dan Terima kasih !

Comments

Post a Comment