Membuat Tabel Dalam Halaman Web

Pada kali ini ,saya akan menjelaskan tentang cara pembuatan tabel dalam HTML.Selamat membaca !



Tujuan kita membuat tabel adalah untuk menampilkan informasi dalam susunan rapi di dalam kotak-kotak yang dibentuk dari baris dan kolom.Untuk membuat tabel di HTML ada 3 buah tag yang dibutuhkan,yaitu tag :
  • <table> : digunakan untuk memulai pembuatan tabel di dalam halaman web
  • <tr> : singkatan dari table row digunakan untuk membuat baris tabel
  • <td> : singkatan dari table data digunakan untuk menginput data ke tabel.
Berikut contoh kode HTML untuk membuat tabel sederhana di dalam halaman web :

<!DOCTYPE HTML>
<html>
<head>
<title>Latihan Membuat Tabel</title>
</head>

<body>

<h1>Belajar Membuat Tabel Dalam HTML</h1>

<table border = "1">
<tr>
    <td>Baris 1 Kolom 1</td>
    <td>Baris 2 Kolom 2</td>
    <td>Baris 3 Kolom 3</td>
</tr>


<tr>
    <td>Baris 2 Kolom 1</td>
    <td>Baris 2 Kolom 2</td>
    <td>Baris 2 Kolom 3</td>
</tr>

<tr>
    <td>Baris 3 Kolom 1</td>
    <td>Baris 3 Kolom 2</td>
    <td>Baris 3 Kolom 3</td>
</tr>

</table>

</body>
</html>

Posisi baris dan kolom

Tag <table> memiliki atribut border untuk memberi nilai ukuran garis tepi pada tabel.Nilainya diukur dalam satuan ukuran pixel.Jadi dengan demikian <table border = "1"> adalah menginstruksikan pada web browser untuk membuat tabel dengan garis tepi sebesar 1 pixel,apabila tidak ditambahkan maka secara default tabel tidak memiliki garis tepi.

Sekian pembahasan mengenai cara pembuatan tabel.Jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan di kolom komentar.Terima Kasih ! ^ ^ 

Comments

  1. kalo cara mengatur lebar tabel gimana kak,tolong bantuannya

    ReplyDelete
  2. cara nya tinggal tambahkan atribut width (lebar),height(tinggi) dalam tag table ^ ^

    ReplyDelete
  3. cara menambahkan warna didalam tabel gimana ? makasih

    kunjungi website kampus saya www.atmaluhur.ac.id
    kunjungi blog saya jelinajohan.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  4. Tabel yang dibuat masih merupakan sebuah tabel yang hanya menyimpan data. Data yang disimpan dan ditampilkan sendiri tidak memiliki strukutur. Bagaimana caranya jika tabel yang ingin dibuat harus bersifat dinamis?
    Terima Kasih

    Kunjungi web kampus saya : Atma Luhur

    Kunjungi web saya : Rismawati

    ReplyDelete
  5. Artikelnya sangat membantu kak. Penjelas artikelnya simple dan mudah dimengerti. Disini saya mau bertanya, kakak tau nggak sih sintaks apa yang digunakan untuk perataan tulisan dalam tabel? Mohon di jawab pertanyaan saya ya kak, karena saya seorang pemula yang baru belajar. Terus buat karya yang menarik ya kak. Perkenalkan nama saya Tessa Hervika kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  6. Artikelnya sangat bermanfaat untuk saya. Tambahin lagi ya min sintaks yang lainnya dalam membuat tabel di html. Semangat berkarya terus. Perkenalkan nama saya Fadhiel Adha kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete

Post a Comment