PROGRAM DAN PEMROGRAMAN

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang program dan pemrograman.Selamat membaca !

Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa algoritma adalah langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.Algoritma sendiri bisa dikatakan efektif apabila dapat dijalankan oleh pemroses(proccessor).
Nah,pemroses ini membaca setiap instruksi yang ada di dalam algoritma dan menjalankannya.Suatu pemroses wajib untuk (1) mengetahui setiap langkah dalam algoritma (2) mengerjakan operasi yang sesuai dengan langkah tersebut.

Sekarang kita memfokuskan pemroses algoritma yaitu komputer.Seperti pada postingan saya tentang hardware dan software,komputer adalah alat bantu untuk menjalankan perintah-perintah di dalam algoritma yang telah dimasukkan ke dalamnya.Agar komputer mengerti perintah-perintah yang kita masukkan,maka kita harus menulis algoritma dalam bahasa khusus,yaitu bahasa komputer.
1.Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer dinamakan program.
2.Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program dinamakan bahasa pemrograman.
3.Orang yang membuat program komputer disebut pemrogram/programmer.
4.Dan kegiatan merancang dan menuliskan program disebut pemrograman.

CARA KERJA PROGRAM DALAM KOMPUTER (PENTING)

Secara garis besar komputer tersusun dari 4 komponen utama :
1.Piranti masukanm adalah alat yang memasukkan data atau program ke dalam memori dan alat yang digunakan oleh komputer untuk mengomunikasikan hasil-hasil aktivitasnya.Contoh piranti masukan adalah keyboard,scanner,mouse,disk,dll.
2.Piranti keluaran merupakan alat untuk mengeluarkan data atau informasi untuk melakukan aktivitas.Contoh piranti keluaran adalah monitor,printer,dll.
3.Unit pemroses utama(CPU) merupakan otak komputer yang berfungsi untuk mengerjakan operasi-operasi dasar seperti operasi perbandingan,perhitungan,membaca dan menulis.
4.Memori merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan program yang berisi langkah-langkah yang dikerjakan oleh CPU dan data atau informasi yang sudah diolah oleh operasi-operasi.

Nah,urutan kerja dari keempat komponen di atas dapat dijelaskan sebagai berikut : 
Mula-mula program dimasukkan ke dalam memori komputer.Ketika program dieksekusi,setiap perintah di dalam program yang tersimpan di dalam memori dikirim ke CPU.CPU kemudian mengerjakan operasi-operasi yang bersesuaian dengan perintah tersebut.Apabila suatu perintah di dalam program meminta data masukan,maka data dibaca dari piranti masukan,lalu dikirim ke CPU untuk operasi yang memerlukannya.Apabila program menghasilkan keluaran maka keluaran tersebut ditulis ke piranti keluaran (misalkan dengan mencetaknya ke layar peraga).




BELAJAR MEMPROGRAM DAN BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN


Belajar memprogram dan belajar bahasa pemrograman adalah suatu hal yang berbeda.Belajar memprogram berarti mempelajari cara-cara pemecahan masalah,kemudian menuliskan algoritma pemecahan masalah dalam notasi tertentu.Kalau belajar bahasa pemrograman berarti belajar memakai suatu bahasa komputer,aturan tata bahasa,instruksi,cara pengoperasian compilernya dan memanfaatkan instruksi-instruksi tersebut untuk membuat program yang ditulis hanya dalam bahasa itu saja.

Di dalam pemrograman kita harus lebih fokus pada pemecahan masalah.Menulis kode program adalah aktivitas terakhir setelah kita mengetahui masalah yang dihadapi dan solusinya.Karena belajar membuat program yang baik bukan sekedar "yang penting hasailnya benar" melainkan perlu dipikirkan membuat program dengan skema yang benar.Hal ini dapat membuat program yang kita buat bersih dari kesalahan(error) pada waktu eksekusi program.
Bila rancangan pemecahan masalah sudah dibuat dengan skema yang benar,maka rancangan tersebut siap untuk dikodekan ke dalam bahasa pemrograman agar bisa dieksekusi oleh komputer.Disinilah perlunya kita belajar bahasa pemrograman.Ada banyak bahasa pemrograman yang tersedia saat ini antara lain Pascal,C,C++,Basic,PRG, dan masih banyak lagi.Belakangan juga muncul bahasa pemrograman yang baru yaitu Java dan C#.

Berdasarkan tujuan aplikasi yang ingin kita buat,bahasa pemrograman dapat digolongkan menjadi dua kelompok yaitu :


  • Bahasa pemrograman bertujuan khusus
Yang termasuk kelompok ini  adalah Cobol untuk terapan bisnis dan administrasi,Fotran untuk aplikasi komputasi ilmiah,bahasa assembly untuk pemrograman mesin,Prolog untuk aplikasi kecerdasan buatan,Simscript(bahasa-bahasa simulasi) dsb.
  • Bahasa permrograman bertujuan umum
Yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi.Seperti Pascal,Basic,C dan C++.

Dalam pembagian di atas tidak selamanya masing-masing bahasa pemrograman hanya bisa melakukan seperti yang tertulis di atas.Tidak menutup kemungkinan bahwa Cobol dapat digunakan untuk terapan ilmiah,hanya saja kemampuan bahasa tersebut pasti terbatas dibandingkan dengan Fotran yang memang fungsinya untuk aplikasi komputasi ilmiah

Berdasarkan kedekatan bahasa pemrograman apakah lebih condong ke bahasa mesin atau bahasa manusia ,maka bahasa pemrograman dikelompokkan menjadi dua juga yaitu :


  • Bahasa tingkat rendah.Bahasa ini dirancang agar setiap instruksinya langsung dikerjakan oleh komputer,tanpa harus melalui penerjemah(translator).Contoh bahasa mesin.Bahasa mesn adalah sekumpulan kode biner(0 dan 1).Setiap perintah dalam bahasa mesin langsung dimengerti oleh mesin dan langsung dikerjakan.Bahasa tingkat rendah bersifat primitif sangat sederhana dan sulit dipahami oleh manusia.Bahasa tingkat rendah merupakan bahasa pemrograman generasi pertama yang pernah ditulis orang.
  • Bahasa tingkat tinggi.Bahasa jenis ini membuat program menjadi lebih mudah dipahami karena lebih dekat ke bahasa manusia(terutama dalam bahasa inggris).Kelemahannya bahasa ini tidak dapat langsung dieksekusi oleh komputer.Ia perlu diterjemahkan terlebih dahulu oleh sebuah translator bahasa (kompiler/compiler) ke dalam bahasa mesin sebelum akhirnya dieksekusi oleh CPU.
NOTASI ALGORITMIK

Seperti yang sudah dibahas,notasi alogritmik merupakan rancangan pemecahan masalah untuk menemukan solusi dari masalah tersebut.Masing-masing dari orang dapat menulis notasi algoritmik nya dengan cara yang berbeda.Notasi algoritmik ini dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.Analoginya seperti resep untuk membuat kue.Resep ini adalah notasi algoritmik yang kita tulis.Nah,sebuah resep dapat kita tulis dalam berbagai bahasa(bahasa Indonesia,Prancis,Jerman,dll).Apapun bahasa pada resep ini,kue yang dihasilkan nantinya akan tetap sama sebab algoritmanya sama(dengan catatan semua aturan resep diikuti).Karena setiap juru masak(pemroses) mampu melakukan operasi dasar seperti mengocok telur,menimbang berat gula dan sebagainya.Jadi resep membuat kue tidak terikat pada bahasa dan juru masak yang mengerjakannya.

Demikian pula dengan komputer.Meskipun setiap komputer berbeda teknologinya,tetapi secara umum semua komputer dapat melakukan operas-operasi dasar dalam pemrograman seperti operasi pembacaan,menulis dan lain-lain.Perkembangan teknologi komputer tidak mengubah operasi-operasi dasar itu melainkan hanya kecepatan,ketelitian atau biaya.

Cara penulisan notasi algoritma ada 3 jenis yaitu :
  • Notasi deskriptif,menyatakan langkah-langkah algoritma dengan untaian kalimat deskriptif.
Contoh : 

Program Menentukan Bilangan Ganjil Genap
Diminta untuk menentukan sebuah bilangan bulat apakah bilangan tersebut ganjil atau genap.

Algoritmanya :
1.Masukkan bilangan bulat.
2.Bagi bilangan tersebut dengan 2
3.Jika bilangan tersebut menghasilkan sisa pembagian 0 maka
3.Tulis ke layar "Genap"
4.Jika tidak tulis ke layar "Ganjil".
5.Selesai.



  • Notasi Bagan Alir(flowchart)
Contoh :
  • Notasi Pseucode
Dalam pseucode ini kita akan menggunakan bahasa pascal.Contoh :

Progam menentukan_bilangan_ganjil_genap;
Deklarasi :

a : integer {sebagai bilangan bulat yang akan diinput}

Algoritma :

write ('Input Bilangan = '); {Masukkan Bilangan}
read (a);
      If a mod 2 = 0 then
writeln ('Bilangan Genap');
      else
writeln('Bilangan Ganjil);
      end if
end

Sekian informasi dan materi mengenai program dan pemrograman.Materi berikutnya masih akan berhubungan dengan algoritma dan pemrograman yaitu Struktur Dasar Algoritma.Semoga ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat ! Terima Kasih !

Comments

Post a Comment