Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis(LAN,MAN,WAN dan Internet)

Seperti yang kita telah ketahui,jaringan komputer itu bersifat Scalable dimana jaringan dapat membesar dan mengecil sesuai dengan kebutuhan.Ini berarti bahwa sebuah jaringan komputer dapat diperluas untuk menjangkau sebanyak mungkin pengguna di berbagai wilayah geografis dan juga dapat dipersempit hingga digunakan oleh satu pengguna atau beberapa pengguna pada satu lokasi saja.



Berdasarkan cakupan lokasi geografis inilah,jaringan dapat dikelompokkan menjadi empat yaitu :
  1. LAN (Local Area Network)
  2. MAN (Metropolitan Area Network)
  3. WAN (Wide Area Network
  4. Internet (Interconnection Networking)
Pembahasan keempatnya akan dibahas di bawah ini :

LAN (Local Area Network)

LAN merupakan jaringan komputer terkecil untuk pemakaian pribadi.LAN memiliki skala jangkauan mencakup 1 Kilometer hingga 10 Kilometer dalam bentuk kabel (wired),nirkabel(wireless) maupun kombinasi keduanya.Secara umum ,LAN lebih banyak digunakan di dalam sebuah ruangan maupun sebuah gedung.Sebagai contoh :
  1. Jaringan lokal di perpustakaan untuk penyediaan dan layanan sistem informasi perpustakaan.
  2. Jaringan lokal pada laboratorium untuk sarana riset,penelitian,maupun bertukar data dan informasi.
  3. Jaringan lokal pada kantor swasta,instansi pemerintahan,kampus/perguruan tinggi, dan sekolah untuk penggunaan printer,sistem informasi,pertukaran data dan lain-lain.
Jaringan LAN umum juga disebut sebagai intranet.LAN berbeda dengan internet.Sesuai dengan namanya,jaringan ini bersifat provat,yaitu hanya diperuntukkan bagi pengguna di dalam internal organisasi/perusahaan/instansi/ruangan bersangkutan saja.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan area dan luasa yang lebih besar dibandingkan dengan LAN.MAN memiliki jarak jangkauan antara 10 Km sampai 50 Km.Jika kita lihat berdasaran wilayah,maka Luas Wilayah MAN bisa mencakupi sebuah wilayah kota,yang di dalamnya terdapat banyak gedung dan pemukiman.Ini berarti di dalam sebuah MAN telah terintegrasi banyak LAN yang berasal dari gedung dan pemukiman yang ada.

Di Indonesia sudah banyak yang menerapkan MAN,atau lebih dikenal dengan istilah Smart City seperti Surabaya,Denpasar,Jakarta,Bandung.

WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan jaringan komputer yang lebih luas dari MAN dengan cakupan area seluas sebuah negara atau benua.WAN terdiri atas 2 atau lebih MAN di dalamnya.Setiap MAN tersebut terdiri dari 2 atau lebih LAN di dalamnya.Sehingga dapat dikatakan bahwa WAN ini merupakan gabungan dari sejumlah jaringan komputer yang berada dalam satu kawasan seluas sebuah negara ataupun benua.Misalnya WAN yang ada di negara Indonesia bisa terhubung dengan WAN di negara Eropa dan lain-lain.

Bentuk komunikasi antar komputer di dalam WAN memerlukan adanya perangkat penghubung,salah satunya berupa Router.Fungsi router adalah untuk membantu di dalam merutekan jalur yang akan ditempuh oleh paket data di dalam proses transmisi paket data dan komunikasi antar komputer di dalam WAN tersebut.

INTERNET (Interconnection Networking)

Internet merupakan jaringan komputer terluas dengan cakupan seluruh planet bumi.Internet menghubungkan semua WAN,MANdan LAN di dalamnya.Sehingga dapat kita katakan bahwa Internet terdiri atas semua jaringan komputer dan perangkat lainnya ke dalam satu jaringan komputer terbesar di dunia yang menghubunngkan setiap gedung,setiap tempat, pengguna komputer, kota, negara, pulau, benua di dalam kesatuan alam bumi. 

Berikut adalah gambar yang mengilustrasikan keterkaitan antara LAN,MAN,WAN dan Internet :



Sekian pembahasan mengenai Jaringan Komputer berdasarkan Jangkauan Geografis ! Semoga bermanfaat,Terima Kasih !

Comments

Post a Comment