Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi

Berdasarkan media transmisi yang digunakan (Media Transmisi : media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi(data),karena jarak yang jauh,maka data diubah terlebih dahulu menjadi kode/isyarat dan kode inilah yang dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk kembali diubah menjadi sebuah data ke penerima informasi).Ada 2 macam media transmisi yaitu :
  1. Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)
  2. Jaringan Komputer Tanpa Kabel (Wireless)

JARINGAN KOMPUTER BERKABEL (WIRED NETWORK)

Jaringan kompter berkabel menggunakan sarana kabel jaringan (kabel jaringan UTP,RG 45 dengan proses Crimping),untuk kemudian dihubungkan dengan perangkat penghubung berupa Hub maupun Switch.Jaringan komputer berkabel memiliki kestabilan dan kecepatan yang relatif sangat tinggi dibandingkan dengan Wireless.Hal ini menjadi salah satu kelebihan menggunakan jaringan berkabel.

Adapun kelemahan jika menggunakan jaringan komputer berkabel antara lain, jangkauan yang terbatas (sesuai dengan panjang kabel jaringan),tidak praktis (harus selalu menggunakan kabel ,tidak bisa kemana-mana layaknya seperti wireless),serta adanya kemungkinan terganggunya jaringan apabila kabel bermasalah(terpotong).Akan tetapi jaringan wired masih digunakan saat ini.Kebanyakan digunakan di dalam satu perusahaan (dalam 1 gedung yang sama)

Jaringan komputer berkabel menggunakan media-media kabel jaringan berupa :
  • Kabel UTP (Unshielded Twister Pair) : jenis kabel yang di dalamnya berisi 4 pasang kabel yang dapat dipakai untuk membuat suatu jaringan komputer.Bahan penghantarnya terbuat dari tembaga.
  • Kabel Coaxial : media yang mampu menghubungkan antara 1 perangkat komputer ke perangkat lainnya.Kabel ini memiliki kecepatan transfer data yang lumayan tinggi/baik sebagai transmisi data.Kabel ini juga berfungsi untuk membagi sinyal dengan frekuensi yang cukup tinggi.
  • Fiber Optic : merupakan sebuah media jaringan kabel yang terbuat dari serat kaca.Fungsinya adalah untuk melindungi jaringan-jaringan lokal seperti LAN.Karena terbuat dari bahan kaca dan dilapisi dengan bahan kuat sebagai pelindung,kabel ini cocok untuk menjaga stabilitas jaringan di sebuah perusahaan gedung bertingkat.

JARINGAN KOMPUTER TANPA KABEL (WIRELESS)

Jaringan komputer tanpa kabel merupakan jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel jaringan UTP,Coaxial maupun FIber Optic,namun memanfaatkan sinyal elektromagnetis.Saat ini sudah sangat banyak yang menggunakan jaringan wireless.Contoh Layanan Internet dari operator,Public Hotspot dan Free Wifi di sejumlah tempat publik, fitur tethering pada Smartphone  untuk berbagi koneksi internet secara cepat dan mudah,koneksi Bluetooth dan Infra Red untuk transfer data,dan lain-lain.

Satu hal utama yang menjadi kelebihan jaringan wireless adalah kemudahan dan praktis.Pengguna cukup mengaktifkan fitur/layanan wireless dalam perangkat komputer dan mobie lalu menghubungkan ke koneksi wireless yang ada (contoh public hotspot).Namun wireless juga memiliki kekurangan-kekurrangan yaitu sbb :
  • Ancaman gangguan dari gelombang lainnya (sinyal radio dan sinyal lainnya) yang akan mengganggu koneksi jaringan
  • Kemungkinan untuk diserang oleh attacker yang mengakibatkan data pribadi bisa diakses tanpa batas.
  • Penghalang sinyal gelombang seperti tembok bangunan,pepohonan dan benda-benda lainnya yang dapat mengganggu sinyal gelombang yang digunakan pada jaringan wireless.
Saat ini kedua jenis jaringan banyak diimplementasikan bersama-sama.Sehingga jaringan ini disebut dengan jaringan Hibrida (Hybrid Network).Hal ini bertujuan untuk menggabungkan kelebihan dan kekurangan masing-masing (penyesuaian kondisi dan keperluan).Sebagai contoh,dalam satu universitas disediakan sarana akses jaringan wireless (Free Wifi) dan juga menggunakan sarana kabel dalam proses pembelajaran dalam lab komoputer,perpustakaan dan lain-lain.

Sekian pembahasan mengenai jaringan komputer berdasarkan media transmisi nya ! Semoga ilmu yang dibagi dapat bermanfaat.Terima Kasih !Keep learning ya! ^ ^

Comments