Pengenalan JavaScript

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan website untuk memanipulasi / membuat element-element HTML dan membuat website menjadi dinamis. 
Contoh hasil dari pemakaian JavaScript adalah, dengan mengscroll website saya sampai ke ujung bawah, maka akan muncul tanda panah di ujung kanan bawah.Dan jika anda mengklik panah tersebut, anda akan dibawa ke bagian paling atas dari website, atau dengan mengklik tombol Home yang berada di navigasi, maka akan diarahkan ke halaman Home.


Untuk sekarang, mari belajar dari awal tanpa menggunakan browser untuk melihat hasil dari Javascript. Langkah pertama yang harus kita pelajari jika ingin mempelajari suatu bahasa pemrograman adalah "Logika dan Algoritma".Oleh karena itu jika ingin lebih memahami logika algoritma, disarankan untuk menulis terlebih dahulu algoritma untuk menyelesaikan suatu masalah.

Tool yang dibutuhkan untuk mempelajari bahasa pemrograman ini ada beberapa macam, akan tetapi kali ini mari kita menggunakan tool yang sudah disediakan di internet, yaitu JSBIN.Cara penggunaannya cukup mudah, Di bagian head JSBIN terdapat 5 section HTML, CSS, JavaScript, Console dan Output. Matikan section HTML dan Output dengan mengklik masing-masing HTML dan Output, kemudian klik Javascript dan Console.Intinya adalah di section Javascript adalah tempat kita menuliskan kode javascript kita, dan di section console kita akan melihat hasil dari kode kita.

Setelah selesai, mari kita mempelajari cara pembuatan variabel dalam JavaScript.

Variabel

Variabel Javascript merupakan tempat penyimpanan nilai suatu data.Contohnya adalah sebagai berikut :
  • var a = 10;
  • var b = 20;
  • var c = a + b;
 Dari contoh di atas, bisa diartikan sebagai berikut :
  • a menyimpan nilai 10
  • b menyimpan nilai 20
  • c menyimpan nilai 30
Mengapa c menyimpan nilai 30 ? Dari contoh di atas dituliskan bahwa c = a + b dengan kata lain c = 10 + 20. Hasil nya adalah c menyimpan nilai 30.Akan tetapi perlu diingat bahwa dalam Javascript, ia memiliki aturan tersendiri yang harus dipatuhi. Aturan tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Semua variabel JavaScript harus diidentifikasikan / dideklarasi secara unik. Nama yang unik ini disebut sebagai identifier.Identifier bisa berupa nama pendek (a, b, c dst) dan nama deskriptif (hasil,total dll).
  2. Nama variabel harus diawali dengan sebuah huruf.
  3. Nama variabel juga dapat diawali dengan $  dan _(penamaan ini tidak disarankan).
  4. Nama variabel bersifat case sensitive yang berarti a  dan A itu adalah sesuatu yang dianggap berbeda oleh JavaScript.
  5. Kata kunci dari JavaScript tidak boleh digunakan sebagai nama variabel (function, for, dll).

Tipe Data JavaScript

Dalam JavaScript, terdapat beberapa tipe data.Tapi untuk sekarang mari kita bahas Number dan String terlebih dahulu.Tipe data Number merupakan nilai yang berbentuk angka, sedangkan tipe data String merupakan nilai yang berbentuk kumpulan huruf (teks). Cara penulisannya adalah sebagai berikut :
  • var angka = 10; // Number
  • var huruf = "JavaScript"; // String
Perhatikan perbedaan dari kedua variabel di atas.Untuk mendeklrasikan variabel dengan nilai String kita mengapit kata dengan tanda kutip.Dalam Javascript penggunaan kutip dua(" ") maupun kutip satu(' ') dianggap sama oleh Javascript. Sedangkan number tidak memerlukan kutip atau yang lainnya.
Sekian, pembahasan mengenai pengenalan Javascript. Dengan pembahasan di atas silahkan mencoba membuat variabel dengan nama yang berbeda dan nilai yang berbeda. Selamat bereksperimen ! Sekian dan terima kasih ^ ^

Comments