Hardware Multimedia

Sebuah komputer dapat disebut dengan multimedia apabila komputer tersebut memiliki berbagai fasilitas tambahan di luar kemampuannya sebagai pemroses data.Dalam hal ini dukungan multimedia yang paling utama adalah grafis dan suara.Fasilitas multimedia sebenarnya digunakan untuk kebutuhan entertainment.

Beberapa perangkat multimedia untuk sebuah komputer antara lain Sound Card,VGA,Optical Drive,Speaker Aktif,Microphone,TV Turner,Card Reader, dan Kamera Digital.



Berikut akan kita bahas satu per satu mengenai perangkat multimedia di atas

SOUND CARD

Pada sebuah komputer multimedia ,sound card berfungsi sebagai pemroses data suara yang akan masuk maupun keluar dari komputer.Jadi dapat dikatakan,jika sebuah komputer tidak memiliki sound card atau rusak,maka komputernya tidak dapat mengeluarkan suara.Karena sound card bertugas untuk mengolah data suara yang masuk dan keluar baik melalui headset,speaker maupun dari dalam komputer sendiri.

Biasanya kita memutar lagu dengan aplikasi Media Player ,atau dengan headset.Nah,suara yang keluar itu adalah hasil olahan data dari Sound Card.

Pada umumnya,sound card telah disertakan pada motherboard-motherboard atau lebih dikenal dengan istilah sound card on board.Namun jika motherboard tidak menyediakan fasilitas ini,maka kita harus memasang sebuah sound card terlebih dahulu untuk dapat mendengarkan suara dari file sound yang kita miliki.Dengan soundcard yang "terpisah" dengan motherboard,tentunya akan lebih meringankan beban prosesor sehingga dapat meningkatkan kinerja komputer.

Seperti yang telah dibahas di atas,sebenarnya sound card ada 3 macam yaitu Sound Card On Board,Sound Card Off Board,dan Sound Card External.

Sound Card On Board adalah sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.Sound Card On Board merupakan fasilitas audio yang sudah terpasang padda motherboard berbentuk chipset dan kinerja soundcard dalam hal ini masih membutuhkan bantuan dari prosesor utama.


Sound Card Off Board adalah sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard.Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI. Sound card tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas yang dihasilkan. Jika hanya digunakan untuk keperluan standard, seperti mendengarkan musik, sound card tipe ini terlalu mahal. Namun jika kita menggunakannya untuk bermain game berat atau untuk kegiatan rekam suara, sound card tipe ini merupakan pilihan yang tepat.


Sound Card Eksternal adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal seperti USB.Sound Card External merupakan kartu suara terbaru sekarang ini, pemasangannya seperti USB, banyak keunggulan dari sound card eksternal mulai dari kualitas suara hingga hardwarenya lebih menarik. Sound card external sangat cocok untuk kegiatan rekam-merekam suara.


Video Graphic Accelerator (VGA)

Video Graphic Accelerator (VGA) merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur jalannya tampilan output/keluaran dari sebuah komputer yang berbentuk gambar dan video ke media berbasis grafis seperti monitor.

VGA Card juga memiliki kapasitas tersendiri untuk kebutuhan proses penanganan grafis.Semakin besar kapasitas memorinya,maka kualitas gambar yang dihasilkan akan semakin bagus dan halus.


Berdasarkan jenisnya VGA dibedakan menjadi 2 yaitu VGA Card On Board dan VGA Card Add-On.



VGA ON BOARD

Jika dikatakan onboard maka sama seperti soundcard onboard,chip VGA berarti sudah menempel langsung dengan motherboard komputer dan dengan memanfaatkan memory dalam komputer (RAM/Random Access Memory).

VGA On board sering digunakan untuk keperluan pekerjaan saja (office).Sebab graphic bukan lah yang utama untuk pekerjaan kantor.Akan tetapi VGA On Board memiliki kelebihan dan kelemahan,yaitu sbb:

Kelebihan :
  1. Perawatan mudah
  2. Harga lebih murah
  3. Cukup untuk kebutuhan standar sebuah komputer
Kelemahan :
  1. Lemah dalam menangani graphic berkualitas tinggi
  2. Tidak kuat untuk support dalam permainan game yang resolusi nya tinggi
  3. Kadang sering mengalami gejala lag jika ingin memutar video beresolusi tinggi

VGA ADD-ON/CARD

VGA Add-On/Card berbeda dengan yang onboard dimana letaknya terpisah dengan motherboard.Oleh karena itu ia membutuhkan socket sendiri untuk menginstallnya.Kinerja yang dilakukan oleh VGA Add On ini sudah tidak memanfaatkan RAM komputer lagi,hal ini dikarenakan memory RAM dan VGA Card Add On terpisah.Sehingga ketika dijalankan VGA Add On tidak bergantung pada RAM lagi karena sudah memiliki memori tersendiri.

VGA ini lebih sering ditemukan pada komputer untuk gaming dan untuk design yang memerlukan graphic yang bagus.

Kelebihan dan kelemahan VGA Add-On :

Kelebihan :
  1. Memiliki sistem pendingin terpisah sehingga bisa lebih tahan lama
  2. Mampu mengatasi 3D dan Game dengan resolusi yang besar
  3. Untuk upgrade,tinggal ganti VGA Card saja
  4. Mampu memutar film dengan kualitas resolusi yang tinggi
  5. Tampilan display menjadi lebih tajam
Kelemahan :
  1. Harga yang bisa terbilang mahal
  2. Tidak semua komputer menyediakan pengganti VGA Add-On/ VGA Card

OPTICAL DRIVE

Optical drive atau lebih dikenal dengan CD-ROM / DVD-ROM drive sudah banyak kita jumpai pada hampir semua komputer.Perangkat ini digunakan sebagai media baca dan tulis keping CD atau DVD.Sebenarnya fungsinya sama seperti card reader,hanya media yang digunakan adalah kepingan CD atau DVD.

Untuk membaca keping CD digunakana drive CD (CD-ROM/CD-RW) sedangkan untuk membaca DVD digunakan drive DVD (DVD-ROM / DVD-RW).Selain itu,drive DVD juga dapat membaca format keping CD.


Jika kita melihat dari kemampuan baca tulis,drive CD-DVD terdiri atas 2 jenis yaitu drive yang hanya bisa membaca data dan drive yang bisa menulis data ke dalam CD/DVD.Jenis drive yang terakhir adalah CD/DVD-RW,ini juga dapat digunakan untuk membaca data.


Biasanya pada CD/DVD tertera angka angka misalnya 52x32x52 CD-R/RW/Read atau 16 X- DVDROM.Pada drive CD ,angka 52X berarti kecepatan maksimal menulis data,angka 32X adalah kecepatan penulisan ulangnya dan 52X adalah angka kecepatan membaca.Dan 16X pada DVD adalah kecepatan pada keping DVD.


Drive CD/DVD ini sudah terpasang di dalam casing CPU.Namun ada juga jenis drive CD/DVD eksternal yang bersifat portable.Drive CD/DVD eksternal digunakan pada notebook.Koneksinya umumnya menggunakan port USB,pararel atau PCMCIA.




SPEAKER AKTIF

Speaker merupakan peralatan output komputer berupa suara.Pada umumnya speaker aktif sudah dilengkapi fasilitas sub woover yang berguna untuk memaksimalkan suara bass.

Sebuah speaker disebut speaker aktif karena memiliki sumber daya sendiri untuk memperkuat sinyal suara yang keluar dari line output sound card.Selain itu speaker aktif juga memiliki beberapa tombol fungsi equalizer untuk mengatur kualitas suara yang dikeluarkan.



MICROPHONE

Suara dapat dimasukkan ke dalam komputer dengan alat input, yaitu melalui microphone.Bentuk microphone untuk komputer mempunyai ciri khas ,yaitu bentuk yang kecil dan dapat ditaruh di meja.Ada juga microphone yang disertakan dan menyatu dengan earphone

Kinerja microphone yaitu dengan menerima gelombang suara dari luar kemudian oleh komputer diterjemahkan ke dalam bahasa digital (binary).Dari bentuk digital itulah yang kemudian diolah untuk mencapai hasil yang diinginkan.Format file yang dihasilkan microphone dapat berupa WAV,MP3,WMA atau format lainnya bergantung pada software audio recording yang digunakan.Melalui software ini juga kita dapat memperbaiki kualitas suara hasil rekaman.

Koneksi microphone pada komputer,yaitu lewat port microphone (mic) yang ada pada sound card.Umumnya port ini berwarna merah dan sejajar dengan port line in atau line out.


TV TURNER

Dengan TV Turner kita dapat menyaksikan siaran TV melalui layar monitor atau mendengarkan siaran radio.TV Turner terbagi atas 2 jenis yaitu internal dan eksternal.

TV Turner Internal dipasang pada slot ekspansi motherboard.Pada TV turner internal umumnya terdapat port untuk antena TV atau siaran radio,line in,dan port receiver (untuk remote).Port antena juga dapat kita gunakan sebagai input VCD/DVD player.Keuntungan menggunakan tv turner jenis ini yaitu dapat merekam acara TV atau siaran radio,dan menyimpan filenya langsung ke dalam harddisk.

TV Turner Eksternal digunakan secara terpisah dengan motherboard.Dengan ini,kita dapat menyaksikan siaran TV cukup dengan layar monitor saja.Pada TV Turner ini,umumnya menyertakan lebih banyak fasilitas,antara lain game,built-in speaker,dan port input-output yang lebih banyak.


CARD READER

Card Reader merupakan perangkat digital sebagai media interface antara komputer dengan kartu SD,MMC,atau kartu memori lainnya.Pada sistem operasi ,Card Reader akan dikenali seperti halnya sebuah flashdisk.Mengapa ?karena card reader memiliki fungsi yang sama dengan flash disk.Melalu card reader kita dapat mengambil data dari MMC ke komputer atau sebaliknya bisa mengisi data ke dalam MMC.Baca juga pengertian SD Card, MMC dan Card Reader


KAMERA DIGITAL

Kamera digital berfungsi untuk memotret objek dan menyimpannya dalam bentuk data digital sebagai sebuah file.Oleh karena itu,dalam kamera digital pasti memiliki internal memori.Jadi seperti biasa,semakin besar memori internal maka semakin banyak pula gambar yang dapat disimpan.Di samping memori internal,pada kamera digital juga terdapat slot untuk memori tambahan (Multi Media Card/MMC).

Untuk menghubungkan kamera digital dengan komputer digunakan kabel data khusus,kebanyakan menggunakan koneksi USB atau firewire.Kabel data ini biasanya disertakan dalam satu paket dengan kamera ketika dibeli.



Sekian pembahasan mengenai hardware multimedia.Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.Terima Kasih !Semoga Bermanfaat.

Comments

Post a Comment